Tips Membeli Motor Vario 125 Bekas

Banyak orang lebih memilih untuk membeli motor Vario 125 bekas dibandingkan dengan motor vario 125 baru. Hal ini biasanya dikarenakan beberapa dari mereka menghindari penyusutan harga kendaraan baru di tahun pertama.

Namun, jika Anda ingin membeli motor vario 125 Bekas, Anda harus benar-benar mengetahui dan mengecek apakah layak dibeli atau tidak.

Berikut ini kami jelaskan tips membeli motor Vario 125 Bekas, yang bisa Anda baca melalui penjelasan berikut.

1. Cek Kelengkapan Dokumen Motor Vario 125 Bekas

Sebelum membeli motor, anda sebaiknya mengecek kelengkapan dokumen kendaraa seperti BPKB, STNK, serta mengecek kesesuaian dokumen tersebut dengan Nomor Rangka dan Nomor Mesin.

Anda bisa memastikan data tersebut secara online melalui aplikasi cek plat nomor. Dikutip dari artikel pemerintahkota.com tentang cek plat nomor (url : https://pemerintahkota.com/cek-plat-nomor/), ada beberapa langkah untuk mengecek data kendaraan, yaitu :

  1. Download Aplikasi Cek Plat nomor online
  2. Buka Aplikasi Cek Plat Nomor Online
  3. Setelah itu, pilih menu Cek Pajak Kendaraan
  4. Pilih wilayah domisili motor Vario 125 Bekas yang tertera pada STNK
  5. Lalu, masukkan data kendaraan yang dibutuhkan sesuai dengan yang tertera di STNK, serta NIK Pemilik Kendaraan (jika dibutuhkan)
  6. Cocokkan nama pemilik, nomor rangka, nomor mesin, dan pajak kendaraan yang tertera pada STNK dan BPKB dengan yang tertera pada aplikasi tersebut.

Gambar Cek Rangka dan Nopol

Anda juga harus memastikan keaslian STNK dan BPKB, STNK yang asli memiliki stiker hologram dan kertasnya memiliki tekstur kasar, Sedangkan Keaslian BPKB bisa dicek dengan adanya Hologram abu-abu yang tidak berubah warna saat diterawang.

Anda juga harus memastikan nomor rangka dan mesin aslli, tidak terdapat tanda-tanda perubahan nomor secara paksa.

Selain itu, anda juga bisa mengecek pajak vario 125 tersebut, apakah masih berlaku atau sudah jatuh tempo. Jika sudah jatuh tempo, anda bisa meminta pengurangan harga sesuai dengan besaran pajak yang terutang.

2. Cek Body Motor Vario 125 Bekas

Setelah dokumen kendaraan sudah dipastikan keasliannya, selanjutnya Anda perlu mengecek keseluruhan body pada motor Vario 125 Bekas tersebut.

Berikut ini beberapa part yang harus Anda perhatikan saat mengecek body motor Vario 125 bekas masih bagus atau tidak.

Cek Body Motor Vario 125 Ori Atau KW

Body motor Vario 125 saat ini ada yang ori dan KW. Body motor Vario 125 yang ori akan menggunakan plastik berbahan ABS. Sedangkan yang KW akan berbahan Primer.

Plastik primer biasanya memiliki bahan jeruk. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melihat di belakang body terdapat kode PP untuk yang plastik primer. Sedangkan plastic ABS kodenya adalah ABS.

Biasanya, jika penjual menggunakan kerangka body tidak ori, body akan kendor.

Cek Apakah Body Motor Terdapat Lecet

Body motor bekas biasanya terdapat beberapa goresan. Goresan tersebut bisa Anda buat untuk menurunkan harga motor vario 125 yang akan Anda beli.

Biasanya, untuk motor bekas, body yang sudah lecet terletak di samping motor. Sedangkan untuk motor yang pernah menabrak biasanya ada goresan yang agak dalam di body bagian depan.

Hindari motor yang terdapat lecet dibagian depan. Hal ini dikarenakan biasanya motor yang pernah mengalami tabrakan akan tidak normal sepenuhnya.

Cek Body Apakah Pernah Dicat Apa Tidak

Sekilas body akan terlihat mulus dan bagus jika di cat. Namun, ada beberapa cat yang jika digunakan akan mudah luntur dan motor akan menjadi semakin jelek.

Anda bisa mengecek body motor dicat atau tidak dengan cara menggosokkan body motor dengan amplas tipis. Jika ada cat yang terangkat, maka bisa dipastikan bahwa motor tersebut pernah di cat ulang

3. Cek Mesin Motor Vario 125 Bekas Dengan Melakukan Tes Drive

Mesin sangat berpengaruh dengan keselamatan dan kenyamanan Anda saat mengemudi. Untuk pengecekan kesehatan mesin Vario 125, Anda bisa memperhatikan beberapa hal saat tes drive berikut.

  • Bagaimana suara mesin yang Anda dengar? Motor yang masih bagus akan memiliki suara halus.
  • Apakah tarikan masih enteng dan responsif?
  • Speed maksimal motor tersebut seberapa?
  • Jika penurunan dan kenaikan speed tidak seperti motor normal, Anda harus bertanya apakah motor pernah dimodifikasi atau tidak.

Nb. Hindari motor yang melakukan modifikasi lebih dari batas maksimal yang disarankan. Hal ini bisa membahayakan Anda saat berkendara.

4. Cek Jarak Tempuh Kendaraan Vario 125 Bekas Melalui Odometer

Odometer adalah alat yang digunakan untuk mengecek jarak tempuh kendaraan tersebut. Odometer biasanya terletak di speedometer.

Semakin tinggi jarak tempuh yang sudah dilalui motor akan mengurangi fungsional motor tersebut. Untuk motor yang sudah menempuh jarak lebih dari 50.000 km, harus melakukan servis motor besar atau bahkan harus dilakukan turun mesin.

Hal ini juga bisa Anda buat pertimbangan karena biaya turun mesin tidak sedikit. Setidaknya, Anda memerlukan uang lebih dari Rp. 500.000 jika terjadi turun mesin.

5. Cek Kondisi Kelistrikan Vario 125

  • Cek starter tangan bisa atau tidak
  • Cek starter manual mudah atau tidak
  • Pastikan semua lampu menyala
  • Lakukan cek panel instrument menyala atau tidak (speedometer, odometer, indikator sein, indikator lampu, indikator bensin)

6. Cek Keamanan Motor Vario 125 Bekas

Keamanan motor vario bekas bisa dilakukan dengan mengecek keamanan motor saat digunakan berkendara dan keamanan motor saat diparkir.

Untuk lebih jelasnya seputar cek keamanan motor, bisa Anda lihat indikator pengecekannya di bawah ini :

  • Rem depan belakang apakah masih berfungsi dengan baik?
  • Apakah kampas rem sudah tipis?
  • Apakah ban motor sudah tipis?
  • Apakah kunci alarm berfungsi dengan baik (untuk tipe terbaru)

7. Bandingkan Harga Pasaran dengan Harga Motor Vario 125 Bekas yang akan Anda Beli

Untuk perbandingan harga motor Vario bekas lainnya dan vario bekas yang akan Anda beli bisa Anda lihat melalui OLX.

Anda bisa mengecek harganya dengan kondisi dan asal kendaraan yang sama. Apaka motor Anda lebih mahal atau murah.

Sebelum menyepakati harga, Anda bisa meminta kurang harga jika memang terdapat suatu komponen yang harus diperbaiki. Seperti contoh jika motor Vario 125 tersebut dalam kondisi ban tipis, maka Anda bisa meminta kurangan seharga ban tersebut.

Baca juga artikel terkait :

https://tmotorjogja.com/2022/11/13/motor-honda-beat-2022-dianggap-lemot-dan-kurang-bertenaga-berikut-jawabannya/

Tips Membeli Motor Vario 125 Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d