Berikut Adalah Cara Mendeteksi Kerusakan Sensor Throttle Position Pada Sepeda Motor Injeksi Dengan Benar

Haloo gaes selamat datang di web artikelnya TMotor Jogja, mimin kali ini mau berbagi artikel tentang Berikut Adalah Cara Mendeteksi Kerusakan Sensor Throttle Position Pada Sepeda Motor Injeksi Dengan Benar.

Sebelum lanjut silahkn bantu follow instagram kita di @yuliustmotorjogja, Facebook fanspage kita TMotor Jogja, kemudian channel youtube kita di TMotor Jogja.

Ok gaes balik langsung ke topik pembahasan ya biar tidak bertele-tele

Permasalahan umum yang terjadi pada sepeda motor injeksi adalah kerusakan pada salah satu sensor injeksinya.

Kerusakan ini menyebabkan terganggunya sistem kerja injeksi pada motor, yang mengakibatkan motor bisa ngadat atau mogok.

TPS atau biasa disebut Throttle Position sensor berfungsi mengatur suplay bahan bakar berdasarkan bukan gas lewat angka tahanan pada sensor TPSnya.

Gejala umum yang terjadi ketika tpsnya eror atau rusak adalah  :

  • Motor brebet tiba-tiba bisa mati sendiri
  • Tenaga motor tidak ada, kalau dibawa jalan motor berat serasa seperti ada beban atau kerasa kaya mundur sendiri, gejala ini umum terjadi pada motor yamaha injeksi seperti matic mio.
  • Ketika motor dibawa jalan gas dibuka pada rpm tertentu, motor tiba-tiba seperti mau mati sendiri, motor akan normal kembali ketika bukaan gas diturunkan dari rpm itu, gejala ini umum terjadi pada sepeda motor matic honda seperti beat dan vario injeksi.

Pada artikel ini mimin bagi 2 jenis motor yang biasa mimin tangani yaitu honda dan yamaha.

Untuk honda biasanya seperti matic atau konvensional dengan tipe TPS yang memiliki kesamaan seperti honda supra 125, blade, dan sejenisnya dengan karakter kerusakan seperti diatas.

Nah bagaimana mengatasinya !

Untuk Honda sendiri, biasanya harus dicek sistem injeksinya, cuma biasanya kalau ada kendala pada bagian kabel soket TPSnya atau sensor Tpnya benar-benar error parah akan menunjukkan kode pada lampu MIL kedipan sejumlah 8 kali.

Akan tetapi kalau kalau tidak menunjukkan kode mil ya biasanya akan menimbulkan gejala pada sepeda motor seperti diatas. Nah untuk mengatasinya mau tidak mau kalian harus membawa ke bengkel resmi ataupun bawa kebengkel yang bisa menangani masalah motor injeksi yang memiliki diagnosis scanner jenis Honda.

Seperti yang kami lakukan di bengkel kami TMotor Jogja

Ketika di cek menggunakan scanner jenis honda akan yang tepat pada TPS angka yang normal dikisaran 0.4-0.5 Volt. Jika angkanya lebih dari itu atau kurang dari itu biasanya motor akan tidak normal.

Penyelesain yang paling sepele adalah kalau angkanya ketinggian, kalian bisa geser tpsnya naik turun sampai menemukan diangka volt yang tepat. Atau kalain bisa ganti langsung dengan yang baru tapi tetap saat dipasang angka harus sesuai bisa dipantau langsung lewat scanner yang terhubung dengan laptop.

Cek sebelah sini untuk info harga TPS honda

Untuk menangani kerusakan sensor TPS pada yamaha injeksi silahkan baca artikel sebelah sini…

 

 

 

 

 

,,

Berikut Adalah Cara Mendeteksi Kerusakan Sensor Throttle Position Pada Sepeda Motor Injeksi Dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d