Sistem Injeksi Pada Honda Vario Esp Stater Alus Yang Wajib Untuk Diketahui

TMotor Jogja – Artikel Sistem Injeksi Pada Honda Vario Esp Stater Alus Yang Wajib Untuk Diketahui.

Sistem injeksi pada sepeda motor Vario Esp stater alus sudah menganut PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dimana sistem suplai bahan bakarnya menggunakan teknologi control elektonik yang mampu mengatur pasukan bahan bakar dan udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.



Sistem injeksi pada sepeda motor misal pada Honda Vario ini memang memiliki banyak keuntungan.  Setiap produk yang diciptakan ketika ada point plus pasti ada sisi minus. Ketika ada yang baik pasti ada buruknya karena nyatanya banyak yang sering mengalami trouble pada motor ini. Baiklah disini kita akan bahas baiknya terlebih dahulu.

Pada sistem injeksi PGM-FI ini jumlah bahan bakar yang diinjeksikan oleh injector lebih tepat dan presisi sehingga campuran bahan bakar dan udara bisa lebih merata yang bisa membaut pembakaran yang lebih sempurna. dengan begitu motor bisa lebih :

  • Irit terhadap bahan bakar.
  • Lebih bertenaga.
  • Lebih ramah lingkungan.
  • Perawatannya lebih mudah.

Pada sistem PGM-FI seperti Honda Vario Cara suplay bahan bakarnya sudah menggunakan teknologi control elektronik. dengan sistem elektronik ampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara dengan tepat sesuai kebutuhan mesin.

Inputnya terdiri dari sensor-sensor yang akan mendeteksi keadaan motor yang kemudian menginformasikan keadaan tersebut ke ECM (Engine Control Unit). Sensor tersebut diantaranya sensor O2 (Oksigen), sensor TP (Throttle Position), sensor CKP(Crankshaft Position), sensor EOT (Engine Oil Temperatur).

BACA JUGA : Cara Mengatasi Eror Kedip 52 Pada Keluarga Honda Esp

Bagian Proses ada ECM, nah dibagian ECM ini yang memproses berbagai informasi dari sensor-sensor yang ada kemudian mengaturnya ke komponen bagian output.

DiOutput ada injektor, injektore ini nanti yang bertugas menyemprotkan bahan bakar sesuai perintah dari ECM.

Karena rata-rata banyak dari komponen partnya menggunakan sistem elektronik jika ada komponen part yang bermasalah harganya lumayan mahal, misal saja ECU.

Untuk Vario 125 Esp



Info harga

Untuk Honda Vario yang generasi 110 harga masih dibawah yang 125

Info harga klik disini

Kemudian dengan sensor-sensor yang menggunakan sistem elektonik akan sulit untuk orang awam bisa menyelesaikan perbaikan jika terjadi kerusakan misal eror pada sistem injeksinya. Seandainya bengkel pun harus memiliki alat scanner khusus untuk motor injeksi.

Sistem injeksi pada PGM-FI rawan terjadi arus pendek makanya sangat tidak disarankan untuk menambah aksesoris seperti lampu-lampu penerangan, mengubah sistem kelistrikannya, karena dapat menganggu sistem injeksinya.

Kemudian sistem injeksi PGM-FI semua komponen partnya sudah disetting bawaan pabrik dengan ukuran yang sudah dipatok, kalau kalian ingin menambah power tenaga yang lebih biasanya pont pertama yang harus kalian ubah adalah ECU. Misal boreup ECU standart tidak akan mampu melayaninya.

Demikanlah artikel tentang Sistem Injeksi Pada Honda Vario Esp Stater Alus Yang Wajib Untuk Diketahui.

Silahkan share dan bagikan artikel ini juga ada manfaatnya.

Sekian dan terima kasih.

 

Sistem Injeksi Pada Honda Vario Esp Stater Alus Yang Wajib Untuk Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d