Cara Porting Yang Benar Pada Head Sepeda Motor Karena Lubang Buang Tidak Boleh Bulat 100 Persen

Hallo sahabat otomotif apa kabar kalian semua !

Semoga diberi kesehatan dan rezeki yang lancar ya. Amin.

Untuk kali ini saya mau membahas artikel tentang Cara Porting Yang Benar Pada Head Sepeda Motor Karena Lubang Buang Tidak Boleh Bulat 100 Persen.

Kalau dilihat dari blok yang masih standart lubang buang pada head sepeda motor memang terlihat seperti bulat.


Promo Handpiece Gagang Tuner 6 mm, Bonus mata Tuner panjang besar 6 mm

Info harga klik disini

Namun untuk menghasilkan power yang tepat untuk korek harian ataupun buat balap biasanya para mekanik yang paham mengubah lubang buang menyerupai huruf D.


Tujuan dari pembuatan lubang buang menyerupai huruf D ini adalah untuk mengurangi arus balik atau tendangan balik yang besar. Arus balik dari gas buang biasanya akan masuk lagi kedalam silinder. Gas buang itu tadi akan masuk kembali kedalam ruang bakar dan bercampur dengan bahan bakar dan udara akibatnya akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna.

Efek dari gas buang itu tadi biasanya akan menyebabkan pencemaran didalam riuang bakar. Akibatnya settingan motor jadi susah enaknya seperti kebasahan atau kegedean spuyer padahal itu efek dari pembakaran yang tidak sempurna.

Nah bagaimana membentuk lubang buang menjadi D-Type atau menyerupai huruf D.

Menurut Tomy Huang dari Bintang Racing Team, membentuk huruf Dnya harus dilakukan pengelasan alumunium dahulu pada lubang pembuangnnya.

Lebar penambalan sekitar 20%. Dengan begitu luas penampang dari lubang buang jadi berkurang 20 %. Artinya luas yang berkurang 20% tadi harus diganti dengan memperbesar pada bagian sisi yang berlawanan.


Kalau secara teori membentuk bagian yang 20 % perlu menggunakan perhitungan dan rumus agar tidak terlalu rumit dan ribet bisa dilakukan dengan penyederhanaan. Gunakan kertas untuk cetakan atau mal. Bisa dengan menggunakan pendekatan dengan membuat lingkaran terlebih dahulu. kKemudian dari titik pusat lingkaran tarik garis lurus membentuk sudut 45 derejat terhadap garis Y. Namai garis ini OB. Dari titik A dan B bisa ditarik garis AB. Bagian yang dibatasi oleh garis bisa dinamakan tembereng.

Berdasarkan teori luas tembereng memang bisa dihitung, taoi bisa kelamaan. potong tembereng AB dan pindah ke permukaan pengganti yang akan diperbesar.

Gambar bagian yang ditambal

Ia mimungkin demikian artikel yang bisa dibagi kali ini.

Semoga bermanfaat

Terima Kasih

 

 

 

Cara Porting Yang Benar Pada Head Sepeda Motor Karena Lubang Buang Tidak Boleh Bulat 100 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d