Cara Memilih Mata Bor Tuner Untuk Menghasilkan Porting Yang Baik dan Benar

Halo sahabat otomotif selamat datang di web tmotorjogja.com dan selamat membaca artikel Cara Memilih Mata Bor Tuner Untuk Menghasilkan Porting Yang Baik dan Benar.

Disebut melebarkan ataupun mengikis lubang isap dan buang tapi intinya para mekanik lebih seneng menyebutnya dengan istilah porting. Porting kalau untuk motor spek harian biasanya hanya membuang kulit jeruk istilahnya dilubang in maupun ex pada kop sepeda motor. Kenapa disebut kulit jeruk karena memang bentuk kasar seperti kulit jeruk dan itu sebagai lapisan dasar pada lubang in ataupun ex pada kop sepeda motor.

Sedangkan untuk motor dengan spek balap atau bore up dengan klep besar kalian benar-benar harus mengeser lubang in dan ex karena ada perubahan sudut.

Tapi sebelum bisa dibentuk harus ada pengelasan full baru bisa dibawa ke tukang bubut untuk dirubah sudut. Untuk tulisan kali ini tidak akan membahas secera detail bagaimana cara merubah atau menggeser lubang in dan ex secara detail karena fokusnya pada mata tuner yang diperlukan ketika kalian melakukan porting harian.

Biasanya untuk porting polish atau standartan untuk menghasilkan portingan yang baik, gunakan mata porting kecil dengan alur searah cek harga klik disini.

Kemudian untuk porting yang sudah rubah sudut atau las-las. kalian butuh gagang tuner serta mata tumer yang besar karena gagang tuner bawaan foredom atau winsa ataupun merk lain biasanya masih gagang yang hanya mampu masuk mata tuner 3 mm. Sedangkan mata tuner 3 mm rawan bengkok untuk menghajar las-las an kop yang sudah rubah sudut.

Sehingga dibutuhkan gagang tuner dengan cekam yang bisa masuk mata tuner lebih besar 6 mm

Bisa cek disini info harganya

Untuk mata tunernya, bisa cek disini

Demikian artikel yang bisa kita bagi untuk kedepannya akan dibahas secara detai tentang portingan ketika sudah dirubah sudut.

Terimakasih.

 

Cara Memilih Mata Bor Tuner Untuk Menghasilkan Porting Yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d