Menguak Daleman dan Spesifikasi Yamaha R125, Motor Sport Fairing Terbaru Dengan Kapasitas CC Kecil

Artikel Menguak Daleman dan Spesifikasi Yamaha R125, Motor Sport Fairing Terbaru Dengan Kapasitas CC Kecil.

Pabrikan Yamaha tak henti-henti berinovasi untuk menghasilkan produk baru sesuai permintaan pasar. Selain bermain dengan matic dari cc kecil sampai gahar juga bermain dengan sport. Sport Yamaha yang menjadi andalan adalah tipe R series. tipe R series adalah tipe sport dengan fairing.

Dari keluarga Yamaha R series yaitu Yamaha YZF R25, Yamaha YZF R15, Yamaha YZF125 adalah Sepeda motor R series dengan kapasitas mesin dengan cc yang paling kecil. Meski cc terbilang kecil motor ini tidak perlu diragukan lagi kalau urusan performa. karena memang pabrikan yamaha mengejar pangsa pasar eropa.

Motor YZF R125 sudah dikeluarkan dari tahun 2008 dan sampai kini muncul-muncul generasi penerusnya bahkan seperti dilancir di GRIDOTO.COM, “Kabar motor sport Yamaha Yaitu YZF-R25, akan mengalami facelift sedang santer terdengar di dunia maya, terutama di Indonesia. Berbeda dengan di Benua Eropa, Karena yang sedang viral adalah versi kecilnya yaitu Yamaha YZF R125 model 2019.

Yuk kita coba intip performa mesin dari yamaha YZF R125. Yamaha YZF R125 menggunakan mesin tipe single over head camshaft (SOHC) dengan kapasitas sebesar 124.7 cc. Menggunakan sistem kerja 4 stroke, 1 silinder sistem pendingin cairan. Ukuran bore dan stroke masing-masing 52 mm x 58,6 mm dengan rasio komprsi 11,2 : 1.

Kalau dilihat desain head hampir memiliki kesamaan dengan jupiter mx 135 dan yamaha vixion 150.

Single chamshaft dengan 2 templar memiliki 4 adjuster setelan klep karena head memiliki 4 klep.

Desain head menggunakan 4 klep

Terlihat piston diameternya kecil karena mengusung sistem overstroke, panjang langkah dibuat sangat besar. Dengan tujuan efesiensi, piston kecil akan menggurangi gesekan.

Panjang Stroke yang besar secara otomatis akan meningkat torsi pada mesin.

Power maksimum dari motor ini bisa mencapai 11 kw sekitar di 14,75 HP (15.0 PS) di 9000 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya pihak Yamaha berani mengklaim sekitar 12.4 Nm(1.25 kg-m) di 8000 rpm. power yang dihasilkan cukup besar untuk ukuran motor kelas 125 cc.

Untuk aplikasi kopling Yamaha R125 menggunakan kopling wet atau kopling basah, multiplate-disc coil springs (per). Untuk mengimbangi torsi yang besar motor ini menggunakan 6 speed sehingga di klaim bisa mencapai 126 km/jam tergantung kondisi jalan.

Yamaha R125 menggunakan sistem fuel injection sehingga lebih irit dan hemat bahan bakar diklaim bisa mencapai 100 km dengan 2.13 liter.

Terimakasih sudah membaca Menguak Daleman dan Spesifikasi Yamaha R125, Motor Sport Fairing Terbaru Dengan Kapasitas CC Kecil.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Menguak Daleman dan Spesifikasi Yamaha R125, Motor Sport Fairing Terbaru Dengan Kapasitas CC Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
%d